Sabtu, 14 Januari 2012

Masalah - masalah sosial pemuda saat ini


Pemuda adalah individu yang sedang mengalami perkembangan baik emosi, fisik, psikis, dengan karakter yang dinamis, dan optimis namun belum memiliki pengendalian emosi yang stabil. Pemuda merupakan saat – saat dimana masa berkembangnya secara biologis dan psikologis.
Karenanya pemuda memiliki semangat untuk berubah dan memiliki kemampuan untuk melakukan suatu perubahan.  Pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan saat ini maupun di waktu yang akan datang. Sejarah berbagai bangsa di dunia ini telah membuktikan bahwa pergerakan kaum muda-lah yang mengawali setiap perjuangan kemerdekaan, setiap perubahan serta setiap pembangunan arah sebuah bangsa tersebut. Peranan pemuda sangatlah penting dan sangat dibutuhkan demi untuk menciptakan suatu peranan masyarakat yang mampu membangun / membuat perubahan negara dimasa yang akan datang.
Hal ini di karenakan karena pemuda memiliki aspirasi yang berbeda dibandingkan dengan aspirasi masyarakat secara umum. Dalam makna yang positif aspirasi tersebut disebut dengan semangat pembaharuan. Sejarah mengatakan tanpa  adanya pemuda, negeri ini tidak akan menikmati kemerdekaan dan terus – menerus akan hidup dalam ketidakadilan. Pemuda saat ini banyak memiliki problematika yang sangat kompleks. Mulai dari masalah pengangguran,krisis mental, masalah moral, dan bahkan ada pemuda – pemuda yang sampai terjerumus kepada narkoba, minuman keras, hingga pergaulan bebas. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, misalnya pemuda yang mempunyai kerenggangan komunikasi antara anak dengan orangtuanya. Itu yang menyebabkan anak tersebut lebih memilih pergaulan diluar dan menjadikan lingkungan barunya. Terlebih lagi jika lingkungan barunya yang mengajarkan sesuatu yang kurang baik, maka anak tersebut akan terkena pengaruh dari lingkungan barunya tersebut.
Oleh karena itu banyak pemuda – pemuda yang tidak peduli akan bangsanya sendiri. Untungnya di Indonesia ini masih memiliki pemuda – pemuda yang peduli terhadap bangsanya. Tinggal bagaimana caranya agar pemuda lainnya bisa ikut berkontribusi untuk perubahan Indonesia. Perubahan itu sendiri tidak harus menunggu orang banyak. Dengan sendirinya akan bergulir bersama para pemuda yang tangguh, bertanggung jawab, dan teguh dengan komimennya untuk suatu perubahan. Pemuda saat ini juga harus mengikuti perubahan zaman yang serba canggih dengan bisa menggunakan teknologi sehingga tidak tertinggal oleh zaman. Dalam hal ini pemuda tidak boleh menjadi pemalas dan memiliki motivasi belajar yang rendah. Karena dengan begitu pemuda – pemuda itu tidak dapat membuat perubahan terhadap bangsanya. Oleh karena itu orang – orang terdekat/keluarga, khususnya orangtua perlu memaksimalkan peran mereka dalam mendidik agar mampu membentuk karakter seorang pemuda yang rajin dan ulet dalam belajar dan bekerja. Orangtua perlu memberikan / menyediakan sarana / tempat menjadikan diri mereka sebagai suri teladan bagi anak – anak mereka. Agar anak dapat menjadi suatu pemuda yg mampu membawa perubahan terhadap bangsa dan negaranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar